phone Phone
+62318475070
menu

PT Jaya Putra Multiguna

×

Fire Extinguisher

Fire Extinguisher yang umumnya di Indonesia disebut sebagai Alat Pemadam Kebakaran. Fire Extinguisher atau dibaca “fire ex·tin·guish·er” merupakan pemadam api portabel yang dapat mengeluarkan air, busa, gas, dan media lainnya yang mampu untuk memadamkan api penyebab dari kebakaran.

Berbagai tipe agent atau media isi tabung pemadam api setiap negara tidaklah jauh berbeda. Berikut adalah berbagai media tabung pemadam api :

  • Dry Chemical Powder : merupakan media berbasis bubuk yang memisahkan empat bagian dari tetrahedron api. Hal tersebut mampu untuk mencegah terjadinya reaksi kimia yang melibatkan panas, bahan bakar serta oksigen. Cara tersebut menghentikan produksi api dan mempertahankan radikal bebas sehingga mampu memadamkan api.
  • Foams : mampu memadamkan api dari sumber api bahan bakar. Foams juga baik dicampur dan digunakan dalam pipa cabang. Dengan membentuk banyak busa maka mampu menyegel bahan bakar sehingga oksigen tidak dapat mencapainya.
  • Water : dengan mendinginkan bahan bakar dengan air maka sangat efektif digunakan untuk kebakaran terhadap furnitur, bahan kain dan lainya. Namun digunakan dengan benar karena air dapat menghantarkan listrik.
  • Wet Chemical and Water Additives : merupakan kimia basah (kalium asetat, karbonat, atau sitrat). Digunakan untuk memadamkan api dengan menjadi selimut (busa sabun) ketika bahan minyak terbakar. Wet Chemical mampu mendinginkan minyak dibawah titik suhu pengapaiannya.
  • Clean Agents : berguna menggantikan oksigen (CO2 atau gas Inert) dan mampu menghilangkan panas dari area pembakaran (halotron dan FE-36) atau mampu menghambat berbagai reaksi kimia (Halons). Media ini tidak meninggalkan residu dan baik digunakan untuk elektronik dan berkas dokumen.
  • Carbon Dioxide CO2 : merupakan gas bersih yang menggantikan oksigen. Namun CO2 tidak cocok untuk digunakan pada kebakaran yang mengandung oksigen yang menjadi sumbernya seperti logam atau media memasak. Jangan menyemprotkan langsung ke manusia (wajah) karena CO2 dapat menyebabkan radang karena dingin dan sesak napas.
  • Class D Powder : merupakan agen tabung pemadam yang mampu memadamkan api jenis logam dan lainnya.
  • Halon 1211/BCF : (Sudah tidak boleh digunakan, terkecuali di UK masih digunakan untuk situasi tertentu seperti pesawat, militer dan kepolisian).