phone Phone
+62318475070
menu

PT Jaya Putra Multiguna

×

SISTEM PROTEKSI BANGUNAN

SISTEM PROTEKSI BANGUNAN - Seiring dengan perkembangan kesadaran diri dari pelaku usaha dalam hal proteksi terhadap faktor kecelakaan yang dapat terjadi di tempat kerja. Untuk melindungi tenada kerja terhadap risiko kecelakaan, manajemen perusahaan dapat menggunakan alat perlindungan diri (APD) pada setiap tenaga kerja yang dalam posisi rentan celaka. Sementara untuk proteksi terhadap bahaya kebakaran pada rumah, kantor, pabrik, rumah sakit, sekolah, cafe, apartemen, mall, pusat perbelanjaan, pasar, bandara, bengkel, kapal, traktor, alat berat,  tempat usaha, dan fasilitas indooor maupun outdoor, mengggunakan alat pemadam kebakaran baik alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ataupun  alat pemadam kebakaran berat (APAR), selain itu terdapat juga fire alarm yang berfungsi untuk mendeteksi kebakaran secara dini supaya musibah kebakaran tidak semakin meluas.

Salah satu sistem proteksi bangunan yang paling banyak digunakan adalah instalasi fire hydrant. DISTRIBUTOR FIRE HYDRANT SYSTEM & HYDRANT PILLAR dalam tindakan pencegahan terhadap bahaya kebakaran pada gedung, hotel dan fasilitas umum diperlukan perencanaan yang mendetail dan instalasi yang terpasang pada bangunan tersebut mutlak disediakan oleh pengelola gedung, mengingat masih kurangnya kesadaran dari pihak pengelola dalam bidang proteksi bahaya kebakaran. Padahal gedung perkantoran ataupun bangunan bertingkat lainnya mempunyai risiko kebakaran paling tinggi mengingat banyaknya aktiftas yang dilakukan pada bangunan dan gedung tersebut.

Untuk gedung-gedung ataupun bangunan bertingkat biasanya menggunakan instalasi hydrant kebakaran di gedung bertingkat  yang biasa disebut fire hydrant system, yaitu suatu instalasi yang menggunakan media pemadam air yang bertekanan tinggi untuk kemudian dialirkan melalui pipa-pipa dan selang. Instalasi ini terdiri dari sitem persediaan air, pompa air hydrant, perpipaan, selang, nozzle, kopling outlet dan kopling inlet. Pemasangan instalasi fire hydrant sistem untuk proteksi terhadap kebakaran akan menjadi suatu keharusan, disamping pengawasan dan pengujian instalasi hydrant gedung untuk menjamin terpeliharanya instalasi tersebut. Saat membuat Fire hydrant system design harus disesuaikan dengan kondisi gedung dan lingkungan.

Selain instalasi hydrant, pada masa kini, orang juga menggunakan instalasi fire sprinkler sebagai alat proteksi otomatis terhadap gedung atau bangunan mereka. Sistem otomatis memungkinkan alat pemadam kebakaran bekerja secara otomotis tanpa campur tangan manusia, Oleh karenanya instalasi sprinkler pemadam kebakaran ini juga sangat digemari oleh pelaku usaha