phone Phone
+62318475070
menu

PT Jaya Putra Multiguna

×

Tabung ISI APAR Dan APAB

Tabung ISI APAR & APAB - Pada awal fase kebakaran, ketika kebakaran belum meluas, maka kita bisa menggunakan tabung APAR maupun APAB. Dengan penggunaan tabung pemadam kebakaran ini, diharapkan kobaran api dapat dipadamkan dan tidak meluas. Sehingga kerugian akibat kebakaran dapat kita minimalisir. 

Alat Pemadam Kebakaran Berat (APAB) digunakan untuk mengatasi kebakakaran yang lebih luas, umumnya disebut alat pemadam kebakaran Trolley, dikarenakan dimensi yang lebih besar dengan berat minimum 20 Kg, sehingga memerlukan alat bantu trolley untuk memindahkan APAB ini. Keberadaan APAB  biasanya dibutuhkan pada gedung perkantoran, pabrik, bandara, atau bangunan yang mempunyai mobilitas tinggi.

Tabung pemadam kebakaran ini juga memiliki roda untuk mempermudah kita untuk mendorong tabung pemadam api yang memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan alat pemadam api ringan (APAR). Dikarenakan tabung pemadam kebakaran api ringan ini sebagian besar mempunyai bobot antara 1 – 12 Kg. APAR juga mudah dipindahkan, sehingga tabung pemadam kebakaran api bisa digunakan oleh semua kalangan. Berbeda dengan alat  pemadam kebakaran api APAB, dimensi yang besar dan juga harga tabung pemadam kebakaran api yang relatif lebih mahal membuat tabung pemadam ini kebanyakan digunakan untuk ruangan yang mempunyai luas sekitar 50 m2.

Tabung APAR seperti yang disebutkan sebelumnya memiiki dimensi yang lebih kecil dan ringan dibandingkan tabung APAB. Dengan dimensi yang kecil dan ringan, membuat alat pemadam kebakaran api ringan mudah dalam penggunaannya. Pria dan wanita bisa menggunakan alat pemadam api ini tanpa bantuan orang lain.

Tabung pemadam kebakaran api baik ringan ataupun berat mempunyai 2 jenis type yaitu :

  1. Sistem Catrigde, dimana gas pendorong berada terpisah dari media pemadam kebakaran api sehingga harus ditekan terlebih dahulu sebelum mengalir ke luar, untuk mendorong mesia pemadam keluar melalui selang.
  2. Sistem Pressure (Store Pressure), tabung yang menggunakan tekanan dimana gas pendorong disimpan dalam ruangan yang sama dengan media pemadam kebakaran.

Dalam penggunaan sehari-hari, APAB juga menggunakan media pemadam yang hampir sama dengan tabung pemadam ringan yaitu :

  1. Media Dry Chemical Powder (serbuk kimia kering)
  2. Media Foam (busa)
  3. Media Carbondioxide (CO2)
  4. Media Gas Clean Agent Pengganti Gas Hallon

Tabung isi dengan media pemadam di atas, memiliki perbedaan karakteristik dan kelas kebakaran. Misal powder untuk kelas kebakaran ABC, busa foam Kelas Kebakaran AB, CO2 kelas kebakaran BC dan juga gas clean agent pengganti gas hallon untuk kelas kebakaran ABC (mempunyai kelebihan tidak meninggalkan residu/sisa pembakaran)